Cara Memilih dan Mengenali Ikan yang Segar dan Berkualitas

Ikan memiliki kandungan gizi yang tinggi. Makan ikan sangat bermanfaat bagi tubuh manusia karena mengandung protein hewani yang melimpah yang sangat diperlukan bagi anak-anak untuk pembentukan tulang dan otot. Selain protein, masih banyak lagi kandungan dari hewan yang bernafas dengan insang ini, antara lain Omega 3, Selenium, Vitamin B12, Vitamin D, dan Mineral.


Namun, Anda perlu mengetahui memilih ikan yang segar dan berkualitas. Dilansir dari Allrecipes.com dan WholeFoodsMarket.com, Kamis, 15 November 2018, berikut cara memilih dan mengenali ikan yang segar.

  1. Tidak Berbau Menyengat

    Ikan segar terlihat baik secara bentuk dan berbau laut atau air. Ikan yang segar tak akan menimbulkan bau amis yang menyengat.

  2. Kulitnya Cerah dan Mengkilap

    Anda harus memperhatikan kulitnya. Apakah berkerut, kusam, dan pucat atau berwarna cerah dan mengkilap? Pilih ikan dengan tubuh yang kencang dan kulit mengkilap dengan sisik yang tak rontok.

  3. Insangnya Segar

    Lihat insang ikan, jika berwarna kemerahan cerah dan segar, tanda ikan tersebut segar. Jangan dibeli ikan yang sudah terlihat pucat, apalagi berlendir.

  4. Dagingnya Padat Elastis

    Jangan pilih ikan yang sudah lembek. Ikan yang segar dagingnya juga elastis dan padat sehingga tidak berubah bentuk ketika disentuh.

  5. Matanya

    Jangan memilih ikan yang matanya sudah buram. Ikan dengan mata yang masih hitam, menonjol dan terlihat jernih menandakan ikan dalam keadaan segar.

 

Sumber : 5 Cara Memilih dan Mengenali Ikan yang Masih Segar, Apa Saja? - Lifestyle Liputan6.com


Cetak